Ayo Ikut! Pendaftaran Kompetisi Disain Produk 2021 Dibuka

Pewarta : Eri Sutrisno | Editor : Nurul Ikhsan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS). Pendaftaran IGDS 2021 mulai berlangsung pada 4 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021.

Humanika

AKSIIKLIM.com, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2021. IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan perusahaan industri Indonesia. IGDS 2021 bertujuan meningkatkan kualitas dan manfaat produk untuk masyarakat dan mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan.

Penghargaan IGDS 2021 memiliki dua kategori penghargaan. Pertama, IGDS Design Product yang diberikan untuk desain produk industri (masih diproduksi atau dipasarkan) berkualitas baik. Berikutnya, IGDS Design Concept, yaitu penghargaan yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk prototype atau sampel produk.

BACA JUGA : KLHK Fokuskan Aksi Mitigasi dan Adaptasi Menuju COP-26

IGDS 2021 akan menghadirkan lima jenis penghargaan. Kategori Good Design yang akan diberikan kepada produk yang memenuhi kriteria good design. Kategori Best 20 yang bakal diberikan kepada 20 produk terbaik. Kategori People’s Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih langsung oleh masyarakat umum. Kategori Best 3 yang diberikan kepada tiga produk terbaik, dan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik.

BACA JUGA : Mengenal Kupu-Kupu Malam Papua

Desainer terbaik berkesempatan memenangkan sertifikat, trofi, penggunaan logo IGDS, uang pembinaan, serta pembinaan produk. Dalam kompetisi 2021, Ditjen IKMA Kemenperin menggandeng enam asosiasi desain Indonesia untuk memberikan nilai tambah peningkatan daya saing produk industri nasional.

Keenam asosiasi itu adalah Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), dan Federasi Pengemasan Indonesia (IPF). 

IGDS merupakan sebuah perhelatan dalam menghadirkan kekayaan desain produk industri Indonesia. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 2001 hingga terakhir pada 2020. Desain produk memberikan nilai tambah yang signifikan pada produk itu sendiri.

BACA JUGA : Setelah 172 Tahun Hilang, Burung Pelanduk Kalimantan Kembali Ditemukan

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri sangatlah besar. Nilai tersebut tercatat mencapai 45,38 miliar dolar AS pada 2019 dan diproyeksi akan mencapai 65,41 miliar dolar AS pada akhir 2026, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3% selama kurun 2021–2026.

Fakta tersebut menunjukkan besarnya peluang di sektor desain industri yang dapat terus dimaksimalkan, sehingga dibutuhkan kolaborasi yang tepat di antara pemerintah, desainer, pelaku bisnis, dan industri.

Animo dunia industri untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Hal itu bisa dilihat dari peningkatan jumlah peserta IGDS setiap tahunnya. Dari 99 produk pada 2016, menjadi 243 produk pada 2017, kemudian 333 produk pada 2019, dan sebanyak 386 produk pada 2020.

BACA JUGA : Pertamina Dampingi Warga Manfaatkan Gas Metana dari Sampah

Pendaftaran IGDS 2021 mulai berlangsung pada 4 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik https://igds.kemenperin.go.id/id/igds2021. | indonesia.go.id

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya