Terperangkap Jerat Babi, BKSDA Sumsel Berhasil Evakuasi Beruang Madu

Pewarta : Julita Pitria | Editor : Nurul Ikhsan

AKSIIKLIM.com, Sumsel – Balai KSDA Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat bersama Unit Pidana Khusus (Pidsus) Polres Lahat berhasil menyelamatkan seekor Beruang madu yang terperangkap jerat babi di daerah Talang Kabu, Pagar Agung, Lahat pada Selasa (30/3). Informasi satwa dilindungi yang terjerat tersebut bermula dari laporan yang disampaikan Unit Pidsus Polres Lahat.

BACA JUGA : Gakkum KLHK Sita 125 Satwa Dilindungi

Saat tim datang, beruang dewasa berjenis kelamin jantan tersebut dalam kondisi hidup dan terjerat pada bagian tangan kanan. Sedangkan bagian tangan kiri terluka, membengkak serta memar. Lokasi temuan tersebut, kondisi vegetasinya berupa semak belukar dan perkebunan warga. Sampai dengan saat ini, beruang tersebut masih dalam perawatan dan penanganan medis sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

BACA JUGA : Balai Besar KSDA Sumatera Utara Terima Barang Bukti Kulit Harimau Sumatera

Sebagai langkah antisipatif ke depannya, petugas SKW II Lahat menghimbau masyarakat agar segera melapor ke perangkat desa setempat ataupun call center BKSDA Sumsel apabila menjumpai adanya pergerakan satwa liar, terutama jenis satwa dilindungi sehingga dapat segera diupayakan penyelamatannya.

Ayo lebih peduli dan sayangi satwa liar. Jangan lagi pasang jerat, karena akan membuat satwa sekarat. Bila tetap pasang jerat, tunggu saja nanti ada aparat. ***

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya