Terjebak di Kolam Ikan, BBKSDA Riau Bersama Warga Evakuasi Tapir

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Heri Taufik

AKSIIKLIM.com, Pekanbaru – Pusat panggilan (call center) Balai Besar KSDA Riau pada Selasa (20/04/21) mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya Tapir yang terjebak masuk dalam kolam ikan Ibu Juleha di perumahan Cendrawasih, Jl. Garuda Sakti KM.3 Pekanbaru. Tim Rescue segera diturunkan untuk melakukan evakuasi.

Tim Balai Besar KSDA Riau bersama dengan warga perumahan, aparat desa, Polisi  dan Babinsa mengevakuasi Tapir yang terjebak di kolam ikan semen berukuran sekitar 5 x 6 m dengan kedalaman sekitar 170 cm yang sedang dikosongkan namun terisi air.

BACA JUGA : Tim Operasi Gabungan Sita Puluhan Satwa Dilindungi di Bali

Ternyata kolam ikan bersebelahan dengan kebun sawit yang tidak begitu luas dan terdapat aliran sungai kecil. Berdasarkan keterangan Ibu Juleha, sekitar pukul 12 siang dia mendengar bunyi yang sangat keras dan begitu dilihatnya ada Tapir masuk ke dalam kolam ikan miliknya.

Kemungkinan Tapir sedang mencari makan di kebun dekat kolamnya dan terjerembab masuk ke dalam kolam tersebut. Proses evakuasi berjalan cukup sulit dikarenakan Tapir yang diperkirakan berbobot berat berada pada kolam air.

BACA JUGA : Indonesia Persiapkan Negosiator Handal Hadapi Perundingan COP25 UNFCCC

Upaya pembiusan sudah dilakukan dengan dosis maksimal, namun belum memberikan efek yang sempurna, sehingga dilakukan upaya penggunaan kandang evakuasi dengan cara digiring. Tepat pukul 18.45 wib Tapir masuk ke dalam kandang evakuasi.

Untuk proses pemulihan dan observasi, Tapir sementara  dititipkan ke Lembaga Konservasi Kasang Kulim mengingat keterbatasan kandang di klinik transit satwa Balai Besar KSDA Riau. ***

By Adam Gumelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya