Melestarikan Lingkungan dari Rumah Bersama BCA

Pewarta : Irwan Adhi Husada | Editor : Nurul Ikhsan

AKSIIKLIM.com – Pelestarian lingkungan terus dilakukan oleh berbagai pihak untuk mendorong pembangunan keberlanjutan, tidak terkecuali PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia. Kali ini, BCA mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan menggelar talkshow LDR Lihat Dari Rumah: Plant Trees for a Better Tomorrow.

Melalui virtual talkshow Lihat Dari Rumah (LDR), BCA mengundang Co-Founder Kebun Kumara Siti Soraya Cassandra dan EVP CSR BCA Inge Setiawati untuk mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup. Virtual talkshow LDR tersebut disiarkan melalui kanal Instagram @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA pada Pukul 19.00, Kamis (17/3).

“Sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini pun selaras dengan #BCAForSustainability, yang menekankan pada peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan dalam masyarakat untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Berbagai upaya dan aksi nyata terus kami lakukan untuk mengajak masyarakat memperoleh pemahaman mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujar Inge Setiawati.

Pada kesempatan ini, BCA turut mengedukasi masyarakat mengenai kondisi lingkungan hidup saat ini yang semakin tidak sehat. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk dapat mengembalikan kelestarian tersebut. Menanam pohon memberikan banyak manfaat untuk masa depan.

Inge kembali mengingatkan mengenai #BCAForSustainability sebagai upaya BCA untuk berkontribusi dalam kelestarian lingkungan hidup, serta berbagai kontribusi BCA dalam pelestarian lingkungan hidup dan dalam perwujudan Environtmental, Social and Governance (ESG).

Dalam talkshow ini juga dijelaskan bahwa upaya pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di daerah perkotaan memiliki tantangan seperti lahan semakin sempit, kurangnya daerah resapan air yang merata, dan tantangan lainnya. Namun, bukan berarti hal ini menjadi penghambat untuk dapat mensukseskan upaya pelestarian lingkungan hidup, terutama di daerah perkotaan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanam pohon di daerah perkotaan yang kekurangan akan lahan subur seperti dengan hidroponik dan metode lainnya.

Sebagai informasi, BCA semakin memperkuat komitmennya untuk mengedepankan nilai-nilai ESG mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pada 2021, penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan mencapai Rp154,4 triliun atau naik 20,9% YoY, jauh di atas target pertumbuhan 5,5%.

“Untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup, diperlukan juga peran serta seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dapat dimulai dari hal kecil dan dapat dimulai dari lingkungan kecil seperti rumah dan sekitarnya.  Selain itu, generasi muda juga menjadi salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam melestarikan lingkungan dan menjaga keselarasan lingkungan hidup,” tutup Soraya.

By Irwan Adhi Husada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya