Seekor Harimau Sumatera Dilepasliarkan di TN Kerinci Seblat

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

AKSIIKLIM.com, Jambi – Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dilepasliarkan di areal Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, pada Selasa 31 Mei 2022.

“Harimau yang dilepasliarkan ini merupakan hasil upaya penyelamatan dari konflik manusia dengan Harimau Sumatera yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)Jambi di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Marangin, Jambi,” ujar Rahmad Saleh, Kepala BKSDA Jambi.

BACA JUGA : BMKG Dorong Antar Negara Bangun Ketangguhan Total Hadapi Bencana Alam

Dari hasil pemeriksaan oleh tim medis hewan diketahui jika Harimau Sumatera tersebut berkelamin jantan dan berusia 9 tahun.

BACA JUGA : Gakkum KLHK Tersangka Perusak Hutan Konservasi Tahura Bukit Mangkol Bangka

Proses pelepasliaran ini cukup menantang karena Harimau Sumatera akan dilepaskan di zona inti TNKS yang aksesibilitasnya sulit. Tim gabungan pelepasliaran yang terdiri dari  3 orang dari Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumberdaya Genetik (KKHSG), 3 orang dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS), dan 2 orang dari BKSDA Jambi menggunakan helikopter untuk mengangkut kandang harimau menuju zona inti TNKS.

BACA JUGA : Menparekraf Resmikan Tower Mangrove Forest Park Langsa, Ikon Pariwisata Baru di Aceh

Rahmad juga menjelaskan jika proses penerbangan dengan helikopter dibagi menjadi tiga, yaitu penerbangan pertama Dropping personel sebanyak 10 orang. Penerbangan kedua dropping Harimau Sumatera dilanjutkan dengan pelepasliaran harimau pada sekitar pukul 13.00–13.20 WIB. Penerbangan ketiga dilakukan untuk mengambil box transport harimau di lokasi pelepasliaran kembali ke bandara.

BACA JUGA : Peringati Hari Lingkungan Hidup, KLHK Libatkan Komunitas Bersihkan Sungai Ciliwung

“Kegiatan pelepasliaran sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkas Rahmad.

By Adam Gumelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Menarik Lainnya