Inventarisasi Potensi Keanekaragaman Hayati Jenis Tumbuhan di TN Sebangau

Pewarta : Tim Redaksi | Editor : Irwan Adhi Husada

AKASIIKLIM.com, Pulang Pisau – Balai Taman Nasional (BTN) Sebangau melaksanakan kegiatan inventarisasi potensi keanekaragaman hayati jenis tumbuhan di Resort Bangah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kabupaten Pulang Pisau (06/03).

Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan sejak tahun lalu dengan tujuan untuk mengumpulkan data potensi sekaligus menambah bahan informasi tentang sebaran keanekaragaman hayati yang ada dalam kawasan TN Sebangau.

BACA JUGA : Laju Deforestasi Indonesia Turun 75,03 %

Kegiatan inventarisasi potensi keanekaragaman hayati jenis tumbuhan dilaksanakan melalui pengamatan langsung terhadap potensi flora yang dijumpai. Adapun langkah pengambilan datanya menggunakan perangkat GPS dan tallysheet dengan metode transek garis.

BACA JUGA : Deforestasi Indonesia Turun, Terendah Dalam Sejarah

Tim berangkat dari titik awal yang telah ditentukan terlebih dahulu dan diambil titik koordinatnya dengan fitur track GPS yang diaktifkan. Selanjutnya, tim melakukan pengamatan sepanjang jalan yang dilewati dengan jarak pandang pengamatan adalah 50 meter ke kiri dan 50 meter ke kanan. Panjang track menyesuaikan kondisi di lapangan dan setiap perjumpaan dicatat di dalam tallysheet.

BACA JUGA : Pengembangan QR Code Interpretasi di TN Kelimutu

Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun agar data potensi keanekaragaman hayati jenis tumbuhan di Balai TN Sebangau khususnya di setiap resort semakin lengkap. ***

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya