Anis Gunung, Penyambut Pendaki di Puncak Ciremai

Pewarta : Taufikurohman | Editor : Nurul Ikhsan

AKSIIKLIM.com – Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki berbagai keanekaragaman hayati. Salah satunya adalah berbagai jenis burung yang tersebar dari batas kawasan sampai dengan puncak gunungnya.

Jenis burung yang dapat sobat Ciremai jumpai pada saat mendaki ke puncak Ciremai adalah anis gunung (Turdus poliocephalus). Burung ini akan menyambut para pendaki dari ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut sampai puncak Ciremai.

BACA JUGA : Namdur, Arsitek Bersayap Dari Papua

Habitat burung Anis Gunung (Turdus poliocephalus) yang masih bisa di jumpai di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Foto : KUNINGANPOS.com/TNGC

Interaksinya dengan pengunjung disepanjang jalur pendakian sangatlah unik. Karena keberadaan burung ini mampu membantu menjadi petunjuk untuk mengetahui arah jalur pendakian pada saat cuaca buruk.

BACA JUGA : Si Busok, Kucing Leopard Dari Madura

Salah satu ancaman bagi keberadaannya di alam adalah dari sisa-sisa aktifitas pengunjung di jalur pendakian, yaitu sampah.

Pendaki di puncak Gunung Ciremai. Foto : KUNINGANPOS.com/TNGC

Meskipun makanan alami anis gunung adalah buah dan serangga, namun burung ini sering terlihat beraktifitas mencari makanan di sekitar area perkemahan. Sisa-sisa makanan yang mengandung bahan kimia serta sampah plastik yang ditinggalkan pengunjung, apabila termakan oleh burung ini akan mengancam populasi serta habitatnya di alam.

BACA JUGA : Tiga Ekor Harimau Sumatera Terekam Kamera di TN Bukit Tiga Puluh

Sobat Ciremai, mari kita turut menjaga kelestariannya. Dengan tidak membuang sisa-sisa makanan serta sampah pada saat melakukan aktifitas pendakian. Bawalah kembali sampah untuk diletakkan pada tempatnya, agar kicauan dari salah satu tuan rumah gunung Ciremai ini tetap terdengar indah dan nyaring di alam. Memberikan semangat serta interaksi unik bagi para pendaki saat mencapai puncak gunung tertinggi di Provinsi Jawa Barat ini. ***

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya